Pengalaman Asyik Main Game dengan Zenfone Max Pro M1

Dulu waktu masih kecil, hal paling bahagia buat saya adalah Sabtu. Setelah pulang sekolah di hari itu, dengan seragam baju putih dan celana panjang biru tua yang kebesaran, saya berjalan riang menuju rumah sambil senyum-senyum sendiri. Hari sabtu artinya... main playstation!

Saya masih ingat betul, dulu saya sering main Harvest Moon sambil duduk anteng di depan televisi lengkap dengan kabel-kabel playstation. Kalau mainnya lebih dari jam 3 sore, siap-siap kena semprot Bapak. Memang kami punya kesepakatan bersama : main playstation cuma hari sabtu dan maksimal 3 jam saja. Tidak bisa diganggu gugat.

Berjalannya waktu, saya semakin suka yang namanya dunia gaming. Pernah dulu saya diajak teman sebaya dari kampung sebelah, untuk tanding Digimon World di rumahnya. Pernah juga, saya kenalan dengan teman baru dari luar kota lewat game online. Sesimpel itulah saya senengnya main game itu : bisa nambah teman sekaligus saingan saat main game.

Sampai akhirnya, sekarang usia saya menginjak usia "dewasa" pun tidak lepas sama yang namanya game. Jaman sudah berubah makin canggih. Yang awalnya main game pakai televisi, atau gamebot, sekarang lewat smartphone aja udah bisa. Tapi, mana ada sih smartphone yang ditujukan untuk entry gaming yang enak buat nge-game?
Terbesit pikiran di benak saya beberapa bulan yang lalu, saat smartphone saya sebelumnya sudah rusak dan butuh pengganti baru : kenapa enggak sekalian cari smartphone yang asyik buat main gaming? Toh, saya juga butuh hiburan main game di kala stres sama kerjaan.

Memilih smartphone gaming itu ibarat mencari jarum di dalam tumpukan jerami, alias susah cuy! Ada beberapa aspek smartphone yang begitu tricky, dan tidak sesuai dengan apa yang saya mau. Misal, daya baterai besar namun prosesor yang lambat. Atau prosesor kencang, baterai besar tapi layar yang sempit dan biasa aja.

Sampai akhirnya saya menemukan kombinasi yang tepat sasaran, sesuai smartphone gaming idaman saya. Perkenalkan teman-teman, namanya Zenfone Max Pro M1.
Sudah lebih dari 6 bulan lamanya saya meminang smartphone ini. Saya cukup terkejut ketika bulan April lalu, brand Asus merilis smartphone baru khusus untuk kebutuhan gaming. Setelah melihat-lihat spesifikasinya, saya yakin betul kalau inilah yang saya cari selama ini!

Sudah tidak asing dengan kalimat itu? Kalimat yang dilontarkan seorang wanita saat awal permainan dimulai di Mobile Legend. Inilah game yang tengah saya gandrungi beberapa bulan ini: MOBILE LEGEND!

Alasannya sederhana : saya suka game strategi. Selain untuk hiburan, saya bisa menyusun strategi bermain untuk mengalahkan musuh, yang mana bisa mengasah kemampuan pikir saya. Nah, kalau misal ada masalah di dunia nyata, saya bisa menyusun strategi dulu buat ngalahin masalah itu. :p

Inti permainan Mobile Legend ini sebenarnya cukup simple : kamu akan mempunyai satu tim berisi 5 orang yang akan bertempur melawan tim lain yang berjumlah 5 orang juga. Kamu bakal menang apabila tower lawan (markas) hancur. Serunya, Mobile Legend ini berbasis online. Kita bisa terhubung dan terkoneksi dengan teman-teman di Indonesia atau bahkan dari luar Negeri.

Nah, setiap permainan kita bisa bebas memilih hero dengan kemampuan yang berbeda-beda. Ada yang unggul di segi pertahanan, segi kecepatan, segi kekuatan dan lain sebagainya. Jangan asal pilih, tentukan hero sesuai kebutuhan tim kita.

Mobile Legend butuh kekompakan dan teamwork yang solid. Karena kalau tidak, musuh bakal menemukan titik lemah tim kita. Kalau kalah, jadi turun rank. Sistem rank menunjukkan seberapa hebat kamu. Dan inilah rank saya : LEGEND.
Dulu sebelum memakai smartphone ini, saya pernah mencoba instal mobile legend namun berakhir crash karena prosesor yang lemot dan memori penuh. Setelah pakai Zenfone Max Pro M1, saya belum menemukan kendala yang berarti saat main Mobile Legend pun game-game berat lainnya. Sebagai pengingat, saya sudah memakai smartphone ini selama kurang lebih 6 bulan.

Ibaratnya hero-hero dalam Mobile Legend, Smartphone ini punya kekuatan tersendiri yang bikin saya makin jatuh hati saat main game-game berat. Berikut saya ceritakan seberapa gregetnya Zenfone Max Pro M1 ini. YHAAAAA.

Gusion, adalah hero tipe Assasin yang mempunyai kelebihan di kecepatan yang tinggi dan kekuatan yang besar. Dia mempunyai senjata pisau, yang ketika dia menyerang lawan maka pisau-pisau tersebut secara cepat akan mengenai hero musuh. Ngeri!

Ibarat Gusion, Smartphone ini pun punya senjata yang ngeri. Zenfone Max Pro M1 dipersenjatai dengan proseor Octa-Core mutakhir Qualcomm Snapdragon 636 yang punya performa lebih tinggi dan efisien dibandingkan Snapdragon 625. Asus mengklaim kalau dengan prosesor ini mampu menangani semua aplikasi game Android yang disediakan di Google Play Store.

Selain itu, Smartphone ini dibekali RAM sebesar 4GB dengan memori sebesar 64GB (dan masih bisa ditambah memori eksternal cuy) yang terbilang gahar di kelasnya. Untuk multitasking, harus saya akui kalau performa masih mulus walau aplikasi lain berjalan secara bersamaan.

Saya pernah mencoba beberapa game yang terbilang berat : Mobile Legend, AOV, PUBG dan semacamnya. Dari segi performa, saya belum pernah menemukan lag atau patah-patah. Karena penasaran, saya coba instal aplikasi AnTuTu Benchmark untuk mengecek seberapa gahar sih performa Zenfone Max Pro M1. Hasilnya seperti ini :

Artinya, tidak ada keraguan lagi dengan performa dari Zenfone Max Pro M1. Kinjera yang sangat baik ini memang sebagian besar berasal dari prosesor yang apik dalam mengolah sistem komputasi. Bahkan, ketika saya coba bandingkan dengan smartphone kelas menengah-ke atas milik teman saya, hampir seimbang dan sama.

Odette, adalah hero tipe mage yang mempunyai kelebihan di kekuatan yang super mematikan. Di balik parasnya yang ayu dan cantik, dia mempunyai skill ultimate yang besar, luas dan mematikan. Walaupun HP yang dia punya cukup lemah, namun tenaganya cukup menghempaskan lawan seketika.

Ibarat kekuatannya yang cantik dan area yang luas, seperti itulah layar dari Zenfone Max Pro M1. Dengan layar yang membentang luas dengan aspek rasio layar 18:9 mampu memuaskan mata saya. Penampilan layar yang fullview terasa kekinian dan pengalaman bermain game makin terasa lebih hidup. Selain itu, teknologi fullview membuat layar terlihat seperti 5,5 inci saja walaupun aslinya terbentang layar seluas 6 inci.

Berkat layarnya yang sudah Full HD+, warna yang ditampilkan menjadi tajam dan jernih. Boleh saya bilang, layar smartphone ini begitu memanjakan mata saya ketika main mobile legend dan game-game lain yang butuh kejelian mata. 
Saya pun mencoba setting tampilan grafis di pilihan tinggi, serta memilih mode high-frame dan high-quality. Perbedaan jauh sangat terasa karena pergerakan hero menjadi lebih smooth dan warna lebih jernih. Grafis pun terlihat apik tanpa pecah-pecah.

Saya jadi ingat teman-teman saya yang selalu bilang gini, "Moba kok 8 bit!". Lalu saya jawab dengan lantang, "Loh, di smartphone gue nggak 8 bit dong! Grafis udah mantap!"

Apa yang paling penting saat main game? Maka jawaban versi saya adalah : baterai! Pernah nggak sih kamu ngerasa kesel karena lagi asyik main game lalu tiba-tiba baterai drop? Atau waktu nge-charge smartphone tapi kok ngisinya lama dan dikit doang? SAYA!

Untungnya, Zenfone Max Pro M1 ini punya daya baterai segahar hero Gatotkaca di Mobile Legend. Hero ini bertipe tank, yang punya HP dan nyawa super tebal dan super kuat! Hero tank ini biasanya paling susah untuk ditaklukan karena nyawanya yang besar itu.

Baterai smartphone ini punya daya sebesar 5000 mAh, yang terbilang besar di kelasnya. Belum lagi fitur Flash Charge yang mampu mengisi baterai smartphone hanya dalam 2 jam 42 menit dari 0% sampai 100%. Sadis!
Boleh dibilang, saya menggunakan semua kebutuhan sehari-hari bahkan kerjaan dengan smartphone. Seperti contohnya screenshot di atas. Sampai indikator baterai berada di 9%, saya sudah menggunakan smartphone ini selama 14 jam 50 menit dengan penggunaan aplikasi seperti instagram, Mobile Legend, Youtube, Chrone, Spotify dan lain sebagainya. 14 Jam tanpa nge-charge!

Bahkan, baterai dengan daya hanya 9% pun masih mampu digunakan sekitar 1 jam 27 menit. Dibanding smartphone saya sebelumnya, baterai segitu smartphone saya langsung mati. :p

Zenfone Max Pro M1, meskipun sebagai smartphone dengan entry gaming, nyatanya nggak cuma sekedar gaming doang. Memang Asus fokus ke hal-hal yang menunjang untuk kebutuhan gaming, tapi kebutuhan lain pun juga diperhatikan. Coba lihat dengan seksama spesifikasi smartphone ini :
Tentu, dari kebutuhan gaming, saya akui semua spesifikasi sangat menunjang dalam memberikan pengalaman yang asik. Sebut aja seperti layar lebar yang jernih, prosesor kencang tanpa lag, dan baterai besar yang powerful. Ketiga aspek ini sudah paling tepat untuk bermain game.

Namun, ada beberapa hal yang membuat saya makin jatuh cinta dengan smartphone ini selain sisi kebutuhan gaming-nya. Mari saya jabarkan apa saja dan alasan dibaliknya :

1. Body yang Cantik dan  Elegan
Saya suka tampilan desain yang ada di Zenfone Max Pro M1. Terkesan elegan namun kokoh, dengan warna Deepseaa Black yang tersusun atas material logam aluminium. Dengan dimensi panjang 15,9 cm dan tebal 0,8 cm terasa pas digenggam. Beratnya 180 gram, tidak berat pun tidak enteng. Menurut saya, sangat pas. First Impression : Macho abis!

Selain itu, ada juga fitur sensor fingerprint di belakang badannya. Walaupun sepele, namun bagi saya sangat membantu keefisien saat membuka lock home. Tanpa perlu mengetik password, hanya perlu di tunyuk jari saja langsung terbuka. Fitur yang saya sukai lainnya, adalah Triple Slots. Dengan teknologi ini, saya bisa memasukkan 2 kartu SIM dan juga kartu memori eksternal tanpa mengorbankan satu sama lain.

2. Kamera Ciamik
Kamera Zenfone Max Pro M1 punya kamera ganda. 13MP dan 5MP dengan snapdragon camera. Interface-nya enteng dan gampang diutak-atik. kita bisa memilih efek dan berganti mode pengambilan gambar dengan cepat, dari mulai automatic, HDR, portrait, landscape, sports, flowers, backlight, candlelight, sunset, night, beach, dan snow.

Karena kamera ganda, maka saya bisa mengabadikan foto dengan konsep bokeh. Saya pribadi suka dengan hasilnya, rapi dan tidak berantakan. Kamera depan pun bisa diajak kerjasama buat selfie, berkat mode beauty.

Berikut hasil bidikan Zenfone Max Pro M1 dengan berbagai mode :

3. Video keren
Sebagai vlogger, saya butuh smartphone yang bisa merekam video. Untungnya lagi, Zenfone Max Pro M1 punya keunggulan itu. Ini bagian favorit saya dari smartphone ini : 4K UHD! Bahkan, kamera mirrorless saya belum sampai resolusi 4K tapi smartphone ini sudah ada fitur ini. Sebagai informasi, dengan resolusi sebesar 4K maka hasil video akan lebih tajam, jernih dan berwarna. Canggih!
Beberapa minggu yang lalu, Asus memberikan update ke smartphone ini, salah satunya dengan memerikan fitur baru yaitu Image Stabilization. Dengan fitur ini, ketika merekam momen yang bergerak atau tidak stabil, maka hasilnya akan otomatis menjadi lebih smooth dan meminimalisir guncangan tersebut. Makin suka!

Suatu ketika, saya mengikuti sebuah seminar tentang gaming. Kemudian di sesi tanya jawab, seorang pria paruh baya berdiri dan bertanya kepada narasumber seperti ini, "Jaman sekarang anak-anak sudah bermain game, terus apakah berdampak buruk?"

Pertanyaan pun dijawab santai dengan narasumber dengan baik dan lengkap. Saya pun tercerahkan akan jawaban tersebut, bahwa gaming tidak sepenuhnya buruk. Banyak orang yang masih beranggapan, bahwa bermain game selalu berkonotasi buruk dan tidak baik. Padahal nggak selalu.

Bermain game bisa meningkatkan kerja otak,  menghilangkan stress, melatih kemampuan bahasa inggris, bahkan bisa meraup pundi keuangan seperti para vlogger game yang sekarang sedang naik daun. Namun, semua itu harus diimbangi dengan managing waktu yang baik. Jangan terlalu berlebihan, karena bisa membuat candu.

Berbicara mengenai gaming, Zenfone Max Pro M1 ini adalah jawaban yang tepat. Dengan keunggulan di spesifikasi untuk kebutuhan gaming, tentu pengalaman bermain game jadi lebih seru dan asyik. Saya pun sudah merasakannya sendiri.

Akhir kata, salam gamers!

Tidak ada komentar

Silahkan berkomentar, link hidup akan dihapus. Terimakasih sudah membaca :)