PAXEL, Kirim Barang Antar Kota Bisa Same-Day!


"Eh paketanku kok belom sampe-sampe ya, padahal udah pesen dari dulu"
"Gatau, salah alamat kali!"

Saya dan teman di sebelah saya pun menduga-duga tanpa kepastian. Sudah hampir 7 hari lamanya pesanan baju dari toko online belum sampai rumah. Sempat kontak penjualnya, katanya sudah dikirim sekitar seminggu yang lalu. Lho, terus kemana dong pesenan saya?

Segala cara udah dilakuin, dari kontak ke kantor jasa pengiriman sampai tracking pengiriman lewat nomor resi. Hasilnya sama : ngga ada jawaban pasti! Argh, rasanya kesel campur emosi. Untung loh ini cuma baju yang harganya tergolong murah (beli karena diskonan wkwk), bukan barang branded ataupun gadget yang mihil.

***

Mari kita runut kembali benang merah kasus-kasus seperti ini. Saya yakin, sebagian pembaca blog ini pasti pernah belanja online lalu nemuin hal-hal nyebelin. Barang yang lama nyampe, barang susah ditracking, dan sebagainya. Terus apa sih penyebabnya?

Tentu ada di jasa logistik yang punya sistem pengiriman kurang maksimal dan tidak efisien. Saya pernah berandai-andai, ada nggak sih jasa logistik yang bener-bener bisa ngirim same-day even harus keluar kota? Dulu kepikiran gitu sehabis liat kartun Doraemon. Asik banget kan, mau ngirim ini itu tinggal buka pintu kemana saja terus kelar deh.

Seolah membaca pikiran para konsumen, muncullah layanan same-day di beberapa jasa logistik di Indonesia. Tapi ya gitu.... lagi-lagi saya dikecewain. Saya sering pakai paket same-day, namun paketan datang 2-3 hari. Harganya memang jauh lebih mahal, tapi ngga jauh beda sama paket biasa/reguler. 


Sebuah Perkenalan


Sampai akhirnya saya kenal sama jasa logistik yang masih terbilang sangat baru, namanya PAXEL. Baru denger? sama. Berawal saat teman saya bilang gini, "Eh, cobain aplikasi ini deh murah tau buat ngirim-ngirim gitu". Dia bilang, PAXEL bisa ngirim barang same-day di dalam kota bahkan antar kota. Dengan semangat, dia bilang ini terbukti tanpa tipu-tipu.

Tring! Mendadak sumringah denger kata murah. Memang dasar anaknya suka yang murah-murah wkwk. Saya pun mencoba download aplikasi Paxel lewat smartphone. Ukurannya kecil dan enteng.

Dominan warna ungu dan kuning bikin mata adem selama buka aplikasi Paxel. Tampilan user-interface terbilang gampang dan nggak ribet dengan banyak pilihan. Saya pribadi tertarik sama tagline dari aplikasi ini yaitu Make The First Move. Kurang lebih maknanya "Pertama dalam hal melayani, berkontribusi, memberikan solusi dan mengerti kebutuhan"
Oh iya, di awal proses kamu diwajibkan bikin akun dulu. Gampang kok, tinggal masukin nomor telpon, nama sama username doang. Ngga sampe 5 menit udah selesai.

Namuuuun, inilah bagian yang paling penting dan wajib kalian isi. Ketika muncul kolom kode Referral, isikan dengan kode "Handikoo". Karena apa? kalian bakal dapet saldo gratis sebesar 100ribu! Mayan banget, bisa kirim barang 4-6 kali secara cuma-cuma lho.


Sebuah Pengiriman

Karena penasaran, saya pun nyoba ngirim paket pakai Paxel. Beberapa hari lalu, teman saya ulang tahun dan kebetulan jadwal lagi super padat dan nggak bisa ditinggalin. Jadinya, saya ngirimin kado lewat Paxel aja. Monggo simak caranya :


1. Klik tombol "CREATE SHIPMENT" yang ada di bawah

2. Masukkan alamat penjemputan paket dan alamat penerima paket

3. Pilih ukuran barang sesuai kebutuhan. Ada 4 pilihan dengan ukuran masing-masing seperti SMALL, MEDIUM, LARGE dan OPTION. Uniknya, PAXEL tidak menghitung harga pengiriman dengan berat, tapi dengan dimensi (maksimal 10 kilogram).

4. Setelah semua udah dipilih, kamu bisa klik "CONTINUE" kamu bakal dibawa ke halaman selanjutnya yang berisi informasi tentang pengiriman paket beserta kategori barang.

5. Kalau sudah, klik "CONTINUE" maka akan muncul halaman persetujuan. Klik "AGREE".

6. Done! Proses udah selesai dan tinggal tunggu paketanmu dijemput. Perlu diingat, kamu ngga perlu pergi ke kantornya buat ngirimin paket. Cukup tunggu di rumah doang hihi.


Beberapa hal yang perlu diingat saat mengirim barang :
1. Petugas pengantar paketan pakai kendaraan motor, dan berjaket ungu. Namanya pengantarnya "HERO".
2. Tiap HERO akan datang ke rumahmu buat ngambil barang, ngukur barang dan menjelaskan secara lengkap apa saja tentang PAXEL.
3. Setelah mengukur barang, HERO akan meminta tandatangan digital serta meminta foto sebagai bukti.
4. Nah, ini bagian uniknya. Setelah itu HERO akan memberikan struck yang diprint langsung dari mesin mini yang dibawa tiap HERO. Ini sebagai barang bukti, sekaligus untuk asuransi.
5. Selesai!





Pengalaman ketika saya ngirim barang, belum ada kendala yang berarti. HERO ramah dan cekatan, nggak lelet juga. Pun ketika saat saya menerima paketan dari temen saya lewat PAXEL, diterima dengan keadaan barang yang baik. Layanan same-day terbukti memang benar.

1. Saat ini PAXEL bisa melayani pengiriman same-day antar kota di berbagai kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Semarang dan beberapa area di Jogjakarta. Tenang, kabarnya PAXEL akan memperluas area sampai seluruh Indonesia pada tahun 2019.

2. Jika antar kota, maka barang akan diantar menggunakan kargo pesawat di hari yang sama. Barang akan diterima kurang lebih 8 jam kemudian.

3. Kamu bisa dapat saldo gratis senilai 100ribu rupiah dengan memasukkan kode refferal "Handikoo". Selamat mencoba!


Itulah ulasan singkat tentang PAXEL yang sudah saya coba beberapa hari lalu. Saya pribadi suka dengan konsep yang diusung PAXEL dengan tagar #SebarkanKebaikan. Berharap banget, PAXEL bisa menjadi jasa logistik "Same Day" yang terus konsisten. Sebarkan kebaikan ini!

1 komentar

  1. Seru banget kayaknya. Tapi sayangnya wilayah gresik & surabaya belum dijangkau sama paxel. Jadi, berharap bisa perluasan wilayah sih ya.... :") Amiiiin..

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, link hidup akan dihapus. Terimakasih sudah membaca :)