Jogjakarta dan 5 Tempat yang Harus Kamu Kunjungi


Terhanyut aku akan nostalgia
Saat kita sering luangkan waktu
Nikmati bersama
Suasana Jogja


Sepenggal lirik lagu berjudul Yogjakarta milik KLA Project sukses membuat saya senyum-senyum sendiri. Sore ini langit sedikit mendung, saya duduk di teras sambil mengetik tulisan ini. Ditemani secangkir kopi dan lagu Yogjakarta, pikiran saya melayang kembali ke kota yang saya sebut kota kenangan. :)

Tahun kemarin, sebanyak 4 kali saya mengunjungi Jogja. Sekali karena kerjaan, sisanya liburan. Entah, selalu ada alasan untuk balik lagi ke Jogja. Karena kangen kulinernya, wisatanya, budaya, sampai suasana kota yang adem ayem.

Baca juga : 5 Momen Berkesan di Jogja di 2017

Dalam rangka kangen dan baper sama Jogja, kali ini saya mau sharing apa saja yang harus kamu kunjungi selama di Jogja versiku : murah dan terjangkau. Semoga tulisan ini bisa jadi referensi kalian kalau liburan di Jogja!

1. House of Raminten
Dulu sebelum tau tentang Jogja, temen-temen saya bilang harus mampir House of Raminten! Pokoknya, ngga ke Jogja kalo ngga makan di situ. Saya jadi penasaran, sedahsyat apa sih tempat makan ini?

Sekitar 10 menit dari Malioboro, saya dan rombongan sampai di tempat makan dengan nuansa Jawa yang kental. Waktu itu jam 12 malam, pengunjung terlihat sepi. Katanya, kalau pagi sampai sore, ngantri panjang!

Saya sendiri suka dengan konsep tradisional yang dibawa House of Raminten. Dari ornamen, sampai baju kemben yang dipakai pelayan di sini. Aroma dupa pun tercium sangat tajam, membuat nuansa semakin "unik". Menu yang ditawarkan sangat enak dan murah!

Satu lagi yang bikin saya takjub. Saat menuju kamar mandi, kita akan ngelewatin beberapa kandang kuda. Walaupun deket kandang kuda, tapi kenapa tidak bau ya? Terus, kenapa ada kandang kudaaa?


2. Jalan Malioboro
Kalo denger kata Jogja, hal pertama yang terlintas pasti Malioboro! Segala macam oleh-oleh dari kerajinan tangan sampai batik, sampai kulineran semua ada di sini. Satu yang penting : bisa ditawar!

Karena belanja di Malioboro itu nggak afdol kalo kamu ngga tawar-menawar sampai harganya miring. Meskipun harganya tergolong murah, kualitas bukan abal-abal. Saya sering belanja baju, tas sampai sendal di Malioboro. Awet sampai sekarang. Pokoknya, teliti aja saat pilih-pilih barang.

Hal yang nggak boleh dilewatin, kamu harus beli nasi gudeg dan sate bakar! Rasanya nendang dan beda sama gudeg luar sana. Di Jalan Malioboro juga ada cabang House of Raminten, KFC bahkan starbucks pun ada.

Baca juga : Foto terlalu ramai? Coba edit pakai ini!


3. Gunungkidul
Ngga lengkap rasanya ke Jogja tanpa ke Pantai! Untuk menuju ke Gunungkidul, kamu butuh waktu sekitar 1 jam dari Jogja. Cukup jauh, tapi terasa worth setelah berada di kawasan ini!

Wilayah Gunungkidul punya banyak banget spot pantai yang cakep dan cantik-cantik! Seperti misal pantai Watu Kodok, pantai Drini, pantai Slili, pantai Krakal dan masih banyak lagi. Jadi rute sepanjang Gunungkidul itu pantai-pantai yang berjejer. Dari satu pantai ke pantai lainnya jaraknya cuma 2-5km saja. Bebas mau pilih yang mana aja!

Oh iya, selama perjalanan menuju Gunungkidul, banyak spot wisata yang harus dan wajib kamu kunjungi. Salah satunya, hutan pohon pinus dan kebun buah mangunan. Spotnya instagramable dan asik buat cuci mata ngeliat pemandangan alam yang masih asri.

4. Taman Pelangi Monjali
Sekitar 15 menit dari Malioboro, kamu sudah sampai di tempat ini. Dari kejauhan, lampion warna-warni terlihat terang di sepanjang tepi jalan. Nah, wisata ini menurutku romantis dan asyik buat pasangan. Buat rombongan temen pun asyik juga sih, soalnya banyak spot yang kece!

Dengan tiket 15-20 ribu saja, kita bisa menikmati keindahan lampion-lampion yang dibentuk sedemikian rupa. Ada yang bentuk rumah, binatang, sampai wajah presiden. Tempatnya luas, dan lampionnya beragam, engga bosenin.

Selain lampion, ada banyak wahana permainan di sini. Ada trampolin, kora-kora dan lain sebagainya. Ada stand makanan dan oleh-oleh. Dulu saya coba wahana permainan rumah setan. Asli, serem banget tapi seru! Cosplay hantunya bener-bener serem, salut sama MUA-nya hihi.

5. Gembira Loka Zoo
Sebagai pecinta binatang, saya suka banget mampir di kebun binatang ini! Tahun kemarin saja, saya sudah 3 kali mampir di Gembira Loka. Binatang di sini dirawat baik-baik, dikasih tempat yang layak dan terlihat sehat. Makanya, saya betah lama-lama berinteraksi sama binatang di sini hehe.

Tiketnya tergolong murah, sekitar 25-30 ribu saja. Lokasinya dekat dengan pusat kota Jogja, sekitar 15 menit sudah sampai. Ketika kamu sudah masuk di kawasan Gembira Loka, bakal disuguhi pemandangan alam yang indah dan tertata rapi. Luasnya sekitar 20 hektar, jadi pastiin kondisi kamu fit buat jalan kaki sejauh itu hihi.

Selain binatang, ada juga wahana permainan yang komplit seperti ATV, Bird Park, Outbound dan sebagainya. Buat kamu yang ngga kuat atau malas jalan, bisa lho pakai jasa kereta mini yang bakal mengitari sepanjang rute kebun binatang.

---

Nah, itulah 5 spot wisata yang harus kamu kunjungi kalau liburan ke Jogja versi saya. Setelah penat dengan urusan kerjaan, sempatkanlah liburan sebentar. Refreshing itu perlu, biar hidup makin asyik. Biar ngga ribet, coba aja paket wisata Jogja Traveloka. Lebih efisien dan gampang!

Selalu ada cerita dan kenangan selama di Jogja. Sampai bertemu lagi di sana. :)

7 komentar

  1. Yang belum pernah saya ke Taman Pelangi Monjali..
    Memang rasa kangen ke Jogja itu enggak pernah mati yaaa...Pesonanya bikin kita selalu pengin datang lagi dan lagi:)

    BalasHapus
  2. Keren-keren sih destinasi wisata di jogjakarta, tapi tetep Malioboro nomer satu yang wajib dikunjungi menurut saya

    BalasHapus
  3. Yang paling iconic banget itu Malioboro, rasanya belum afdol kalo belum kesana... Sisanya kurang familiar buat saya

    BalasHapus
  4. House of Raminten itu buka paling pagi lho! Atau malah gak pernah tutup ya? Aku lupa. Dulu hotelku deket sini. Jadi sarapannya di situ. Hehehehe.

    BalasHapus
  5. Belum pernah ke taman pelangi monjali, kayaknya seru nih kalau bawa anak-anak ke sana

    BalasHapus
  6. Lama di Jogja dan belum pernah masuk Raminten, lewat doang. Ke Gembira Loka juga belum pernah. Wkwk. Tapi yang lainnya udah pernah sih.

    BalasHapus
  7. Halo Kak Diko, baca tulisan ini jd kangen Jogja. Waktu itu aku stay di hotel instagramable di Jogja murah banget cuma 300rban tapi tempatnya bagus. Namanya The Cube Malioboro udah gitu deket sama tempat wisata.

    Sumber: https://news.azanahotel.com/rekomendasi-hotel-instagramable-di-jogja/

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, link hidup akan dihapus. Terimakasih sudah membaca :)