5 Tips Mengejar Deadline - The Power of Kepepet!

Ini dia 5 tips mengejar deadline yang perlu kamu ketahui. Ingat, jangan lari tapi kejar dan taklukan si deadline! - www.Handikoo.com

Saat kamu dikejar deadline, pasti akan muncul perasaan campur aduk seperti pusing, stres, terburu-buru sampai gregetan sendiri karena enggak selesai-selesai. Kemudian saat deadline itu sudah selesai, rasanya semua beban keangkat dan seolah problema hidup terasa lebih enteng gitu. Memang sih ini perumpamaannya hyperbola abis. Tapi yakin deh, enggak ada yang lebih melegakan selain deadline kita udah kelar. plong.

Kebanyakan dari kamu pasti punya satu alasan klasik : buruknya manage waktu. Kebiasaan seperti "Ah ntar ajadeh ngerjainnya, masih lama kok" ini yang menjadikan tugas kita menjadi keteteran. Terus kalau udah dekat sama deadline, pasti muncul penyesalan seperti "Yaelah kenapa enggak dari dulu sih gue kerjain" atau "Ya ampun gue ngapain aja sih selama ini kok baru sekarang dikerjain". Iya nggak? Kalau saya, iya banget. :D
-
Anyway, saya membayangkan sosok si deadline ini kok kayak tokoh Time di Alice in Wonderland : Through the looking glass gitu yah. Yang udah nonton pasti setuju kan? hehe. Nah, terus gimana dong kalau udah mepet sama deadline? Gimana ngejar si deadline ini biar enggak ngos-ngos an? Hold on, berikut saya berikan tips ala saya. Semoga bermanfaat.


1. F-O-K-U-S
Menurut saya, semua akan terasa maksimal kalau kita ngerjain dengan fokus yang maksimal. Artinya, prioritaskan terlebih dahulu mana yang lebih penting dan mana yang tidak. Kalau misal kamu lagi ngerjain tugas dengan deadline yang mepet, sebisa mungkin fokus ke satu tugas itu dulu tanpa terdistraksi yang lain. Misal : Kamu sedang deadline tugas kuliah buat besok. Eh tepat hari itu juga klub bola favoritmu main. Jangan terdistraksi dan tetap fokus sama tugasmu.

source : www.happyologist.co.uk

2. Bikin reward kecil
Ini semacam strategi yang saya buat biar tugas tetap jalan, tapi juga tetap enjoy. Untuk mengejar deadline, enggak melulu kita harus melototin laptop terus atau situasi yang lainnya. Give a break. Bikin hadiah kecil untukmu sendiri ketika sudah ada kemajuan. Misal : Setiap 15 menit ngerjain, berhenti sebentar dan boleh main sosmed atau game selama 5 menit. Kemudian lanjut 15 menit lagi ngerjain kemudian 5 menit beri hiburan kecil. Atau seperti ini "Kalau misal gue kelar ngerjain tugas ini, gue mau puas-puasin liat bola sambil makan ice cream". Yakin deh, reward seperti itu menjadi semacam motivasi ke diri sendiri biar cepetan nyelesaiin tugas. :D


3. Bikin Schedule
Ini buat yang selalu keteteran mengatur waktu. Usahakan bagi porsi tugasmu menjadi beberapa bagian yang dikerjakan dalam beberapa waktu. Ini saya terapkan ketika saya sedang membuat artikel buat lomba blog. Misal : 
  • Senin - bikin kerangka tulisan dan riset materi. 
  • Selasa - bikin desain infografis
  • Rabu - bikin artikel
  • Kamis - posting, finishing dan editing
-
4. Jaga kesehatan
Terkadang saat kita asyik ngerjain tugas, kita sering lupa jaga kondisi tubuh. Misalnya begadang sampai pagi. Deadline sih bakal selesai, tapi tubuh yang malah jadi "rusak". Ngeri, kan? Jadi, imbangi kegiatanmu mengejar deadline dengan pola hidup yang sehat. Misal, banyak-banyak minum air putih atau ngemil buah-buahan di sela-sela kamu ngerjain tugas atau tidur yang cukup. Tubuh sama otak juga butuh istirahat, kan?


5. The Power of Kepepet!
Nah, ini dia kekuatan yang selalu datang ketika kamu berada di ambang garis deadline, the power of kepepet. Hahaha. Ini sering banget saya lakuin ketika saya lagi keteteran dan akhirnya harus ngerjain tugas beberapa jam sebelum deadline. Tapi anehnya, semakin mendekati deadline, semakin banyak ide-ide yang mengalir dan jadi lancar gitu namun dengan resiko : ngebut-ngebutan sama waktu. it's your choice.

--

Begitulah 5 tips dari saya 
ketika kamu sedang mengejar deadline. 
Ingat, jangan pernah lari dari deadline. 
Kejar dan taklukan dia. Hah!

8 komentar

  1. Baiklah master...sepertinya aku butuh tips2 darimu *tabik :p

    BalasHapus
  2. haha, gua mah kalo udah mau DL paling tulis pembuka, sub judul dan penutup aja, yg penting daftar dulu bro, apalagi udah jam 11 malem ke atas, ga mungkin juri online buat cek :V

    BalasHapus
  3. kalo kepepet,malah kutinggal, wkwkwkkw bodoamat dah *dasar

    BalasHapus
  4. Widiiihhhh kesindir nih, hihiii
    Bener banget sih kalo kepepet kadang ide malah bertaburan dan bikin bingung eksekusinya :D

    BalasHapus
  5. hahaha.. boleh jg di coba

    budy | Travelling Addict
    blogger abal-abal
    www.travellingaddict.com

    BalasHapus
  6. Suka gaya tulisanmu bray. Langsung bookmark boleh ya kali? Hehe.

    BalasHapus
  7. The vibrations that happen in machine instruments are called forced and self-excited vibration. The source of forced vibration in machine instruments is the periodic force. PRECISION SURFACING SOLUTIONS helps manufacturers in broad variety|all kinds} of industries by which precision grinding, lapping, sharpening, deburring and advanced materials processing gear is usually used. They all want high-quality, high-precision, stable and well-engineered machines CNC machining to manufacture high-quality work pieces.

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, link hidup akan dihapus. Terimakasih sudah membaca :)