Cerita yang Ada di 5 Lagu Ambyar Didi Kempot, Sudah Tahu Belum?


Siapa yang nggak kenal dengan lagu-lagu berbahasa jawa dengan penuh kegalauan karya Didi Kempot? Penyanyi campursari yang sering dikenal dengan nama The Godfather of Broken Heart ini nyatanya sukses digandrungi banyak lapis masyarakat, bukan cuma generasi angkatan lama namun dicintai juga oleh generasi milenial!

Kenapa sih lagu-lagu Didi Kempot ini banyak disukai? Karena lirik lagunya bikin Ambyaaaar! Ambyar adalah istilah yang sedang popular di social media. Ambyar itu bahasa jawa, yang merujuk ke sebuah perasaan hancur atau sakit hati saat ditinggal pacar. Untuk orang yang sedang ambyar, dikenal dengan sobat ambyar. Dan lagu-lagu Didi Kempot mampu mengekspresikan perasaan itu ke dalam lirik lagunya.

Sekarang, yuk simak kisah dan inspirasi di balik lagu-lagu Didi Kempot. Diantaranya, ada yang diambil dari kisah nyatanya!

1. Stasiun Balapan
"Rasane koyo wong kelangan, kowe ninggal aku, ra kroso netes eluh ning pipiku."
Rasanya seperti kehilangan, kau tinggalkan aku, tak terasa air mata menetes di pipiku.

Lagu Didi Kempot yang paling terkenal dan paling banyak digemari. Perpaduan campursari yang apik dan suara berat Didi Kempot sukses bikin sobat ambyar makin ambyar. Di balik lagunya yang asyik, tersimpan lirik lagu yang syahdu dan cukup mendalam maknanya.

Lagu ini bercerita tentang pasangan yang punya cinta pada pandang pertama dan terakhir kalinya berada di Stasiun bernama Solo Balapan, di Kota Surakarta.

2. Lingsir Wengi
"Sepi durung biso nendro, Kagodho mring wewayang kang ngeridu ati."
"Sepi tidak bisa tidur, Tergoda bayanganmu di dalam hatiku.

Banyak orang berpikir kalo lagu Lingsir Wengi itu adalah lagu pemanggil hantu dan terkesan horror, padahal tidak sama sekali! Lingsir Wengi bercerita tentang kerinduan seseorang di tengah malam.

Lagu yang diaransemen oleh Didi Kempot dengan nuansa campursari ini ternyata adalah sebuah syair yang ditulis oleh Sunan Kalijaga yang dibuat untuk menjauhkan bala (bencana). Nah, makanya jangan salah tangkap sampai takut yah, karena desas-desus masyarakat bilang lagu ini bisa memanggil hantu.

3. Cidro
Lirik lagunya, "Remuk ati iki yen eling janjine, Ora ngiro jebul lamis wae." Diartikan dalam Bahasa Indonesia jadi, "Hancur hati ini jika ingat janjinya, Tak terkira ternyata hanya dusta.". Arti liriknya bikin baper nggak karuan, tentang janji tak terbalaskan dengan mantan terindah.

Jodoh itu emang susah dicari, apalagi kalau kamu pernah merasa dikhianati sama orang yang disayang. Sobat ambyar pernah ngerasain juga?

4. Sekonyong-konyong koder
Lagu dengan nada yang ceria tentang momen cinta lokasi atau cinta dadakan. Kira-kira seperti ini bunyi liriknya, "Modal bensin sakliter montorku tak setater, Tak ampiri arep tak ajak muter-muter" artinya "Modal bensin satu liter saja ku stater, buat nyamperin kamu dan kuajak berkeliling."

Namun ada kesan menyanyat hati yang terasa dipenggalan lirik berikutnya, ,"Tiwas aku dandan mlipit, Rambutku tak ulet ngangge pomit, Malah kore lungo plencing, Ora pamit mit mit miiit (Koyo demit)" artinya "Aku sudah dandan klimis, Rambut sudah kuusap minyak pomade, Eh kamu malah pergi begitu saja. Nggak pamit mit mit miiit (Kayak hantu)".

Didi Kempot mendapat sebuah ilham dari candaan untuk memberikan gambaran romansa cinta dari kalangan bawah yang penuh problematika percintaan.

5. Sewu Kutho
Lagu favoritku dari semua karya Didi Kempot. Liriknya ambyar sekali, kira-kira seperti ini "Sewo kutho uwis tak liwati, Sewu ati tak takoni, Nanging kabeh, Podo ra ngerteni/ Lungamu neng endi, Pirang tahun anggonku nggoleki, seprene durung biso nemoni." artinya "Seribu kota sudah kulalui, seribu hati kutanya, namun semua juga tidak tahu, kau pergi kemana, berapa tahun diriku mencari.". Lagu ini sempat juga dinyanyikan oleh seseorang yang sudah membantu dalam urusan rekaman yaitu Arie Wibowo.


Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang sedang mencari belahan jiwanya yang tak pernah memberikan kabar padanya, selama bertahun-tahun tak pernah bertemu. Fakta uniknya, lagu ini telah didengar berkali-kali bahkan lebih dari satu juta kali di aplikasi streaming musik. Nggak heran, kalau ada orang yang bilang, “Walaupun air mata mengalir, namun badan tak berhenti bergoyang.”



Didi Kempot sebagai Brand Ambyarssador
Nah, itulah kenapa Didi Kempot kemudian didapuk sebagai brand ambyarssador terbarunya Shopee. Didi Kempot jadi wajah untuk kampanye diskon Shopee 2.2 Men Sale yang berlangsung selama bulan Januari sampai Februari 2020. Selain menawarkan promo diskon hingga 50% dan juga tentunya yang tak pernah ketinggalan, gratis ongkir, ada pula promo spesial produk-produk pria pilihannya seperti Shopee Super Brand Day, Fashion Pria Day, Pulsa, Tagihan & Tiket Day, dan masih banyak lagi. Jadi sobat ambyar, ARE YOU READY???

Tidak ada komentar

Silahkan berkomentar, link hidup akan dihapus. Terimakasih sudah membaca :)