4 Menu Kreasiku dengan Skippy Peanut Butter


Bermula ketika melihat sebotol selai kacang berlabel SKIPPY di dalam kulkas, akhirnya saya mikir gini, "Hmmm... bisa ngga sih selai kacang dibikin apa gitu selain buat roti bakar?" dan berakhirlah seorang Diko dengan ide-ide yang mulai bermunculan di kepalanya. Dari ide yang terbilang oke seperti Churros isi selai kacang, sampai yang paling absurd : ikan bakar dibumbui selai kacang.

But, who knows? Karena kadang sesuatu yang aneh sekalipun bisa menjadi hal baru yang menarik.

Kalau dipikir-pikir, selai kacang itu kan identik dengan roti bakar buat sarapan. Cuma dioles di roti tawar lalu dibakar. Padahal kalau memang mau dikreasikan dengan menu makanan lain, bisa banget lho. Kenapa jarang ada yang mau? Menurut saya, karena mindset kita udah tertanam : selai kacang buat roti sarapan. gitu.

Karena anaknya suka penasaran dan ngerasa tertantang, jadilah saya mencoba combine antara selai kacang dengan makanan kesukaan saya. Itung-itung, bisa mengasah skill masak buat menjadi seorang calon suami idaman mendatang. Hehehe.

Jadi, posting ini spesial tentang : How i enjoy myself with Skippy Peanut Butter. Berharap banget apa yang saya tulis bisa bermanfaat buat kalian para pembaca, bahkan bisa sampai dicoba di rumah masing-masing.


Kenapa saya pakai selai Skippy? Pertama, karena memang produk ini udah lama dikonsumsi oleh keluarga saya dan selalu ada di dalam kulkas. Memang keluarga saya ini termasuk orang-orang yang demen sama selai kacang, entah mengapa oh mengapa. Biarlah menjadi misteri ilahi.

Kedua, karena produk ini menurut saya lebih terasa "kacangnya" daripada produk sejenis lainnya. Tau kan, kayak makan kacang langsung gitu bedanya ini berupa selai. Rasa kacangnya bukan cuma "perasa" kacang doang. Kalau diliat dari sudut pandang budget, memang sedikit lebih mahal. Tapi balik lagi : ada harga ada kualitas, bukan?

Setelah meng-kepo website skippy, ternyata ada 5 varian rasa yang berbeda-beda. Ada rasa Chocolate, Chunky, Creamy, Grape dan Strawberry. Jujur saya malah baru tau lho ada rasa yang Strawberry sama Grape, soalnya jarang liat juga di etalase toko. Kali ini saya hanya pakai 2 varian saja yaitu Chunky dan Creamy (aslinya ada juga yang Chocolate tapi udah abis minggu lalu lol).

Jadi, silahkan membaca teman-teman sekalian!



Semarang kalau siang nih ya, panasnya minta ampun. Gerah banget! Mungkin karena memasuki musim panas, cuaca dimana-mana serba panas. Apalagi ngeliat gebetan punya pacar baru, tambah tuh panas banget hati ini. Eh maap #curcol.

Daripada gerah hati dan badan, i tried enjoy myself with : Popsicles! Karena sesuatu yang seger-seger dimakan waktu cuaca panas itu kenikmatan yang hakiki, apalagi rasanya yang unik dan beda dari kebanyakan es krim lain : popsicle rasa selai kacang.

Saya biasanya bikin popsicle ini waktu malam hari, lalu disimpan di freezer semaleman dan bisa dinikmatin keesokan harinya. Paling tepat moment-nya itu saat siang-siang, duduk nyantai sambil dengerin musik kesukaan, sambil ngemut Popsicle rasa selai kacang~


Bahan :
- 3 sendok makan Skippy Creamy
- 500 ml Susu cair full cream
- 2 batang Chocolate
- Kacang kulit secukupnya


Step by Step :
1. Siapkan blender. Masukkan susu dan selai Skippy secara bersamaan, lalu blender sampai halus.
2. Siapkan wadah popsicle (Bisa dibeli di toko-toko roti, segitu sekitar 8 ribu rupiah), lalu tuangkan hasil blender tadi ke dalam wadah secara hati-hati. Jangan lupa tambahkan stick kayu untuk pegangan.
3. Lalu taruh di dalam freezer kurang lebih 6-7 jam.
4. Setelah mengeras, celupkan ke dalam lelehan cokelat. Lalu taburkan potongan-potongan kecil kacang. Enjoy!

Porsi :  8-10 popsicle.
Review : Tekstur lembut. Rasa gurih selai kacangnya terasa, ditambah balutan cokelat manis dan crunchy taburan kacang menjadi kombinasi yang enak dan segar.



Sebagai orang yang demen banget nonton film di bioskop, kadang suka kesel sendiri karena harga popcorn yang mahal. Pasti kalian ngerasain juga kan ya. Padahal untuk membuat popcorn itu terbilang sangat mudah lho, cuma bermodal biji jagung, mentega sama panci doang.

Dari itulah, saya punya ide membuat popcorn dengan balutan selai kacang. Umumnya, sweet popcorn yang kita temuin di bioskop rasanya karamel cokelat. Kali ini saya nyobain pakai selai kacang, yang surprisingly rasanya enak. Mungkin seperti inilah yang dinamakan eksperimen berhasil. (bener-bener ide yang random dan orisinal lho ini resep popcorn pakai selai kacang)

Saya baru-baru ini ketagihan bikin popcorn selai kacang. Dimasak malem-malem, lalu buat cemilan saat nonton serial Game of Throne atau drakor di laptop. Perfecto.



Bahan :
- 60 gram Biji jagung kering
- 3 sendok makan Skippy Creamy 
(tergantung, kalau kurang bisa nambah)
- 2 batang Chocolate
- Mentega secukupnya
- Garam secukupnya
- Gula halus secukupnya



Step by Step :
1. Siapkan panci beserta tutupnya. Lelehkan dahulu mentega sampai berbentuk cair, lalu masukkan biji jagung.
2. Tutup segera tutup pancinya. Tunggu sampai terdengar pop pop pop (jagung berubah jadi popcorn)
3. Angkat segera popcorn ke dalam mangkuk besar. Tambahkan garam sesuai selera.
4. Cairkan cokelat dan selai Skippy secara bersamaan. Lalu taburkan di atasnya dan campur merata sampai semua popcorn berwarna cokelat. Diamkan sebentar sampai kering.

Porsi : 1-3 orang
Review : Kombinasi rasa cokelat manis dengan gurihnya selai kacang jadi kerasa enaknya.



Kalau lagi nongkrong bareng temen-temen di kafe, saya paling suka pesen smoothie bowl (kalau kafenya pas ada menu itu sih). Selain bentuknya yang imut-imut dengan taburan topping yang lucu, yang mana sangat instagramabe, rasanya itu cocok di lidah saya. Teksturnya kental lembut manis gitu, ditambah topping yang biasanya asin atau asam, makin endeus.

Karena saya suka, kenapa engga coba di combine sama selai kacang? Dan lagi-lagi, saya terkejut sama hasilnya yang ternyata oke dan engga kalah sama smoothie bowl di kafe-kafe itu. 

Part paling asik dan bikin bahagia itu : waktu milih topping-nya. Resep kali ini saya pakai topping buah-buahan dengan smoothie perpaduan rasa pisang, susu dan juga selai kacang. Cocok banget moment-nya waktu dimakan saat sarapan atau ngerjain deadline.


Bahan :
- 400 ml Susu cair full cream
- 3 sendok makan Skippy Crunchy
- 3 sendok makan Oat Meals
- Choco powder secukupnya
- 3 buah Pisang dingin
- 5 buah Strawberry dingin
- 1 buah Kiwi dingin


Step by Step :
1. Siapkan blender. Masukkan susu, selai kacang, oat meals, choco powder dan juga potongan pisang (sisakan sedikit untuk toping). Blender sampai tekstur kental dan halus.
2. Iris strawberry, kiwi dan juga pisang. Lalu letakkan di atas smoothie sesuai selera.

Porsi : 1-2 orang
Review : Smoothie yang halus manis, dengan dominan rasa selai kacang dan pisang. Ditambah topping dengan rasa yang asam, membuat sensasi yang lezat.



Save the best for last. Ini dia cemilan kesukaanku : Churros! Duh, ngga paham lagi kenapa bisa enak apalagi disantap sewaktu hangat-hangatnya, lalu dicocol lelehan cokelat. Nikmat haqiqi!

Dari awal terbentuknya ide bikin kreasi masakan dengan selai kacang, inilah ide paling pertama yang terlintas di benak : kalo churros diisi pakai selai kacang gimana ya? Karena selama ini churros kan biasanya cuma dicocol doang pakai cokelat.

Lalu, saya coba dan hasilnya enaaak. Bikin terharu, karena ternyata saya bisa bikin ginian (dan ternyata bikinnya gampaaang banget, engga sesusah yang saya bayangkan)

Churros yang saya bikin ini, saya isi di dalamnya dengan selai kacang. Kalo kamu engga mau ribet, bisa kok dicocol aja langsung di selai kacangnya. Saya suka ngemil churros selai kacang ini dibarengi sambil baca-baca novel.


Bahan :
- 1 buah Telur
- 250 ml Air putih
- 2 sendok makan Mentega
- 150 gram Tepung terigu
- Garam dan Vanili secukupnya
- Skippy Crunchy secukupnya


Step by Step :
1. Siapkan panci. Panaskan air, mentega, garam, serta vanili sampai semua tercampur merata.
2. Masukkan tepung terigu dan aduk cepat dengan api kompor kecil.
3. Setelah adonan terbentuk, tambahkan telur lalu ulen sampai adonan kalis.
4. Siapkan plastik segitiga dan cetakan berbentung bintang. Buat bentuk memanjang.
5. Masak dengan api kecil sampai warna kecokelatan.
6. Tunggu churros sampai dingin. Lalu tusuk tengah churros hingga berlubang. Isi dengan Skippy crunchy sesuai selera.

Porsi : 10-12 batang churros
Review : Tekstur crunchy di luar namun lembut di dalam, lalu ada rasa peanut butter di dalamnya menambah rasa yang bikin nagih. Paling nikmat disantap selagi hangat.



Karena pada akhirnya selai kacang tak pernah salah! Mau dikombinasikan dengan apapun, rasanya jadi lebih nikmat. Seperti empat menu masakan saya di atas itu, yang mengandalkan 3 kata kunci : gampang dibikin, bahan murah, dan rasa enak. 3 kombinasi sempurna buat orang-orang yang ndak terlalu pinter masak seperti saya. :')

Inilah saya dengan kreativitas saya mencoba mengkombinasikan makanan kesukaan saya dengan selai kacang, dan berhasil semua. And this is how i enjoy myself with Skippy. :)

Gimana teman-teman komentar tentang masakan saya? Kalau kamu ada menu lain yang asik dengan bahan selai kacang, yuk sharing di kolom komentar :)


Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan dan Praxis sebagai perwakilan SKIPPY® Peanut Butter Indonesia.

22 komentar

  1. Wahai Anak muda nan kreatif...
    Sederhana dan mudah (kelihatannya) sih. Siap aja sih, udah lihat disini buat dipraktekin di rumah. Sekalian cobain selai Skippy.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahai anak muda yang kreatif juga...
      Ini pakai 3 kunci : murah, gampang bikin, bahan gampag dicari kok haha
      Yuk praktek!

      Hapus
  2. Gokil, baru tau popcorn diolesin selai kacang macem itu bro. Salut, idenya ga abis-abis. Jadi pengen nyoba churros, enak kayaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bro dapet ide dari keseharian sih itu menu sebenernya haha.

      Churrosnya, enak beneran. Apalagi pas anget-anget!

      Hapus
  3. Es krim. :D
    Kayaknya enak. Mau coba juga. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayooo dicoba mbak. Bisa di modif sendiri toppingnya, pake meses atau buah2an gituu

      Hapus
  4. Semua menu yang terpampang, sukses bikin saya ngiler mas diko,... Gudlak ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, terimakasih!
      Kalo ngiler, coba bikin sendiri aja di rumah. Gampang kok




      Hapus
  5. Masih lebih panas Surabaya sepertinya ��
    Habis ini Chef Yuda Bustara kesaingan nih ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah pernah ke Surabaya, dan memang lebih fanaaas

      Tapi SBY banyak pohon2 dan taman gitu kan kak, hawanya ada adem2nya gitu. Smg pohonnya ditebangin, jd makin panas huhu

      Chef Diko siap menaklukan dunia kuliner!

      Hapus
  6. Aduuh pacar udaman, sosook suami idola masa depan. Mau dong bikinin churos isi selai kacang dikooo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ehehe. Ayok boleh bangettt, tapi ntar aku yg ngabisin haha

      Hapus
  7. Keren banget Handoko pinter juga berkreasi masak ya :)

    BalasHapus
  8. enak kayaknya itu dik ngiler es krimnya

    BalasHapus
  9. Kayanya enak yang dibuat eeeesss... Gamau bikin skippy kepal? hihi
    Resepnya kusimpan ah!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada ideee bikin itu, es kepal. Sayangnya ga cukup waktunya hihi

      Hapus
  10. I love the ice cream...
    Looks so delicious...

    BalasHapus
  11. Ndik bikinin lagi kalo aku pas di rumah ya. Aku pengen churrosnya, enak tuh

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, link hidup akan dihapus. Terimakasih sudah membaca :)